SEORANG tetangga tiba-tiba datang ke rumah. Saat itu jam menunjukkan pukul 22.00 WIB. Ia minta tolong transferkan uang untuk keluarganya yang di Bengkalis (Riau), dan harus malam itu juga di transfer. Sebab ada kebutuhan mendesak.
Kemudian ia menyerahkan uang pecahan seratus ribu sebanyak 15 lembar. "Pakai danamu yang di rekening dulu dan tolong transferkan ke keluarga saya. Ini ganti dananya," ujarnya sambil menyerahkan uang tunai Rp 1,5 juta beserta nomor rekening tujuan yang dimaksud.
Saya sempat berpikir sejenak. Sebab sepertinya saldo di rekening saya tidak mencukupi senilai yang ia minta. Alhasil saya harus bergegas mencari ATM Setoran Tunai Bank Mandiri, yang terdapat di Jl Sudirman, Pekanbaru. Kemudian baru diteruskan ke rekening tujuan.
"Untung punya rekening di Bank Mandiri," guman saya dalam hati setelah proses transfer selesai saya lakukan.
Layanan
ATM Setoran Tunai Bank Mandiri ini, satu kelebihan layanan dari sekian
banyak layanan yang saya suka. Layanan ini juga yang mendorong saya
membuka buku rekening baru di Bank Mandiri. Saat itu saya membukanya di
PT Bank Mandiri Tbk, Kantor Cabang Pembantu Pekanbaru, Jl Ahmad Yani.
Bank Mandiri adalah satu bank terkemuka di Indonesia. Di antara layanan yang diberikan kepada nasabah, meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & Retail, Consumer Finance dan Treasury & International.
Bank Mandiri juga menawarkan jasa dan layanan pasar modal, perbankan syariah dan asuransi melalui Mandiri Sekuritas, Bank Syariah Mandiri dan AXA Mandiri.
Saat saya membuka rekening di bank ini, saya sebenarnya sudah memiliki dua rekening bank lain. Hanya saja bank tersebut tidak dilengkapi pelayanan ATM Setoran Tunai. Dalam pikiran saya waktu itu, dengan adanya ATM Setoran Tunai, tidak ada batasan waktu kapan mau setor uang.
Sementara jika setor manual ke kantor bank, saya selalu dihadapkan dengan menunggu antrean panjang dan ada batasan waktu jam kerja. Beda dengan layanan ATM Setoran Tunai, jika ingin terhindar dari antrean, setornya bisa malam-malam dan tidak diburu waktu.
Alhasil, sejak rekening Bank Mandiri saya buka, dua rekening di bank terdahulu, menjadi jarang saya gunakan untuk kepentingan transaksi. Sebab berbagai kemudahan bertransaksi jauh lebih lengkap saya temukan di Bank Mandiri.
Artinya fungsi bank tidak lagi sebatas menabung, tapi fungsinya lebih luas menjadi alat bantu untuk berbagai kemudahan transaksi dalam kehidupan sehari-hari.
Kemudian benar-benar membuat saya terbantu lagi, Bank Mandiri ternyata bermitra dengan broker tempat saya trading. Praktis, saya yang juga menggeluti trading forex, sangat terbantu untuk proses deposit ataupun withdraw, tanpa harus lagi menggunakan rekening virtual lainnya.
Memang sangat terbatas bank-bank lokal menjalin mitra dengan broker-broker. Dan Bank Mandiri termasuk pilihan dari keterbatasan tersebut. Ini mengisaratkan kredibilitas Bank Mandiri tak perlu ditanya-tanya lagi.
Saya juga termasuk nasabah yang memanfaatkan secara maksimal kemudahan dan layanan kartu debit ATM Bank Mandiri. Di antara yang saya gunakan secara rutin adalah membayar tagihan listrik, tagihan handpone, tagihan kartu kredit dari bank lain, tagihan lising dan televisi berbayar.
Dengan fasilitas ini, saya tak perlu lagi harus menyediakan waktu khusus dan antre-antrean untuk membayar tagihan-tagihan tersebut di konter-konter layanan. Bahkan terkadang transaksinya saya lakukan lewat layanan SMS Banking. Jadi cukup dari tempat tidur saja, sudah bisa bertransaksi ria. Hemat waktu toh?.
Bagaimana caranya melakukan sms banking di Bank Mandiri., ini saya sertakan contohnya. Contoh ini hanya saya cantumkan sebagaimana yang pernah saya praktekkan hampir setiap bulan: Fasilitas banking lainnya masih banyak, tapi tidak rutin dan ada yang belum pernah saya gunakan.
1. Transfer ke Rekening tujuan lain:
TRT <rek sendiri 1> <rek lain> <jumlah> <PIN>
Contoh: TRT 1 1 50000 123456
2. Info saldo tabungan
SAL <rek sendiri> PIN
Contoh: SAL 1 123456
3. Bayar tagihan telepon seluler
BYR <rek sendiri><noHP/telp> <PIN>
Contoh: BYR 1 00215245665 123456
4. Bayar tagihan listrik
BYR PLN <rek sendiri> <12 digit no pelanggan> <PIN>
Contoh: BYR PLN 1 547300351523 123456
5. Isi ulang pulsa
ISI <rek sendiri> <noHP><nilai voucher> <PIN>
Contoh ISI 1 08121000745 50000 123456
Berkunjung ke tempat-tempat pusat perbelanjaan, saya juga selalu memaksimalkan kegunaan kartu debit ATM Bank Mandiri ini. Alhasil tak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah besar. Sebab kartu debit ATM Bank Mandiri lancar untuk transaksi belanja.
Terlebih lagi, hampir di semua pusat perbelanjaan besar di Pekanbaru, mesin-masin ATM Bank Mandiri ada di sana. Begitu juga di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), sejumlah pusat keramaian lainnya, selalu ada fasilitas ATM Bank Mandiri.
Fasilitas SMS Banking-nya juga menjadi pilihan utama saya ketika ingin bertransaksi. Transfer-transferan tak perlu harus pergi ke mesin-mesin ATM. Lewat jari-jari lincah tanganku di handpone, proses transaksi sudah bisa dilakukan dengan lancar dalam hitungan detik.
Baru itulah kemudahan dan fasilitas layanan Bank Mandiri yang saya gunakan. Artinya masih banyak kemudahan dan fasilitas lainnya yang belum termanfaatkan oleh saya. Sebab ragam kemudahan dan fasilitasnya jauh lebih banyak dari yang baru saya manfaatkan.
Apa saja ragam kemudahan dan fasilitas itu?, kita bisa baca dan pelajari secara mudah dan detail lewat fasilitas website www.bankmandiri.co.id. Dimanapun dan kapanpun, kita bisa baca dan pelajari secara utuh di website ini.
Berbagai pengetahuan dan informasi baru juga banyak saya temukan lewat website tersebut, mulai dari penjelasan Bank Mandiri secara keseluruhan, dan beberapa program lain, seperti mandiri kta, mandiri kpr, mandiri tabungan, mandiri tabungan rencana, mandiri kartu kredit dan banyak lagi.
Mandiri kta: berkaitan dengan pembiayaan tanpa agunan.
Mandiri kpr: berkaitan dengan pembiayaan rumah.
Mandiri tabungan: berkaitan dengan tabungan.
Mandiri tabungan rencana: berkaitan dengan tabungan terencana dengan baik untuk kepentingan jangka panjang.
Mandiri kartu kredit: berkaitan dengan layanan kartu kredit.
Untuk lebih jelas dan detail, kunjungi kembali website ini: www.bankmandiri.co.id
Pokoknya, semua-semua ada di Bank Mandiri. Terpenting saldo di rekening jangan sampai kosong. Jika berisi terus, banyak yang bisa didapatkan. Cukup gesek sana sini, atau pencet sana sini, transaksi langsung berproses dengan lancar.
Jika malas atau tak punya waktu mengunjungi kantor Bank Mandiri terdekat, cukup klik website yang sudah disediakan tadi, akan jelas terbaca di sana berbagai kemudahan dan pelayanan yang bisa didapatkan dari Bank Mandiri. Kalau saya hanya bisa menceritakan sedikit dari pengalaman yang saya alami sendiri. Sebab kemudahan dan fasilitas yang saya manfaatkan, masih belum seberapa.
Dengan berbagai ragam kemudahan dan fasilitas itu, isteri saya pun ikut tertarik dan sekarang sudah ikut membuka rekening di Bank Mandiri. Namun alasan kuat dia membuka rekening berbeda dengan saya.
Jika saya awalnya tertarik dengan fasilitas ATM Setoran Tunai, tapi kalau dia lebih karena adanya Program Umroh dari Mandiri Tabungan Haji & Umroh.
Kami suami isteri memang punya keinginan untuk menunai ibadah umroh satu saat kelak. Jika ada rezeki, kami akan menyertakan kedua orangtua dan mertua saya, yang juga belum pernah menginjakkan kakinya ke tanah suci. Lewat program yang ada di Bank Mandiri, mudah-mudahan keinginan itu bisa terwujud, amin.
Tapi sayang program itu untuk sementara hanya melayani 13 daerah di Indonesia, minus Pekanbaru, masing-masing Jakarta, Bogor, Depok, Bandung, Semarang, Wajo, Sidrap, Pinrang, Pare-Pare, Sulteng, Kaltim, Kalsel dan Makassar.
Kendati demikian, ia tetap membuka rekening di Bank Mandiri dengan tabungan biasa. Sementara untuk Tabungan Haji & Umroh, akan segera menyusul jika program tersebut sudah melayani untuk wilayah Pekanbaru. Sebab ia tetap membidik program Umroh tersebut, karena ada paket diskon 10 persen.
Terlepas dari itu, saya secara pribadi memang merasa nyaman menabung di Bank Mandiri, terlebih lagi kinerja perusahaan yang semakin positif.
Tercatat laba bersih Bank Mandiri hingga semester I-2012, naik 13 persen dari Rp 6,323 triliun menjadi 7,147 triliun.
Melihat kinerja yang makin cingklong ini, tentu perusahaan semakin kreatif dan inovatif dalam pengembangan kedepan. Kita sebagai nasabah tentu pihak yang paling diuntungkan atas kreativitas yang akan muncul.
Untuk itu cocok jika saya menyebutkan SEMUA-SEMUA ADA DI BANK MANDIRI. Sebab kedepan tentu berbagai pengembangan akan terus dilakukan untuk memanjakan para nasabahnya. SEMOGA SAJA TERWUJUD, AMIN. (*)
Kemudian ia menyerahkan uang pecahan seratus ribu sebanyak 15 lembar. "Pakai danamu yang di rekening dulu dan tolong transferkan ke keluarga saya. Ini ganti dananya," ujarnya sambil menyerahkan uang tunai Rp 1,5 juta beserta nomor rekening tujuan yang dimaksud.
Saya sempat berpikir sejenak. Sebab sepertinya saldo di rekening saya tidak mencukupi senilai yang ia minta. Alhasil saya harus bergegas mencari ATM Setoran Tunai Bank Mandiri, yang terdapat di Jl Sudirman, Pekanbaru. Kemudian baru diteruskan ke rekening tujuan.
"Untung punya rekening di Bank Mandiri," guman saya dalam hati setelah proses transfer selesai saya lakukan.
![]() |
Kantor Bank Mandiri Jl Sudirman, Pekanbaru |
Bank Mandiri adalah satu bank terkemuka di Indonesia. Di antara layanan yang diberikan kepada nasabah, meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & Retail, Consumer Finance dan Treasury & International.
Bank Mandiri juga menawarkan jasa dan layanan pasar modal, perbankan syariah dan asuransi melalui Mandiri Sekuritas, Bank Syariah Mandiri dan AXA Mandiri.
Saat saya membuka rekening di bank ini, saya sebenarnya sudah memiliki dua rekening bank lain. Hanya saja bank tersebut tidak dilengkapi pelayanan ATM Setoran Tunai. Dalam pikiran saya waktu itu, dengan adanya ATM Setoran Tunai, tidak ada batasan waktu kapan mau setor uang.
Sementara jika setor manual ke kantor bank, saya selalu dihadapkan dengan menunggu antrean panjang dan ada batasan waktu jam kerja. Beda dengan layanan ATM Setoran Tunai, jika ingin terhindar dari antrean, setornya bisa malam-malam dan tidak diburu waktu.
Alhasil, sejak rekening Bank Mandiri saya buka, dua rekening di bank terdahulu, menjadi jarang saya gunakan untuk kepentingan transaksi. Sebab berbagai kemudahan bertransaksi jauh lebih lengkap saya temukan di Bank Mandiri.
Artinya fungsi bank tidak lagi sebatas menabung, tapi fungsinya lebih luas menjadi alat bantu untuk berbagai kemudahan transaksi dalam kehidupan sehari-hari.
Kemudian benar-benar membuat saya terbantu lagi, Bank Mandiri ternyata bermitra dengan broker tempat saya trading. Praktis, saya yang juga menggeluti trading forex, sangat terbantu untuk proses deposit ataupun withdraw, tanpa harus lagi menggunakan rekening virtual lainnya.
Memang sangat terbatas bank-bank lokal menjalin mitra dengan broker-broker. Dan Bank Mandiri termasuk pilihan dari keterbatasan tersebut. Ini mengisaratkan kredibilitas Bank Mandiri tak perlu ditanya-tanya lagi.
Saya juga termasuk nasabah yang memanfaatkan secara maksimal kemudahan dan layanan kartu debit ATM Bank Mandiri. Di antara yang saya gunakan secara rutin adalah membayar tagihan listrik, tagihan handpone, tagihan kartu kredit dari bank lain, tagihan lising dan televisi berbayar.
Dengan fasilitas ini, saya tak perlu lagi harus menyediakan waktu khusus dan antre-antrean untuk membayar tagihan-tagihan tersebut di konter-konter layanan. Bahkan terkadang transaksinya saya lakukan lewat layanan SMS Banking. Jadi cukup dari tempat tidur saja, sudah bisa bertransaksi ria. Hemat waktu toh?.
Bagaimana caranya melakukan sms banking di Bank Mandiri., ini saya sertakan contohnya. Contoh ini hanya saya cantumkan sebagaimana yang pernah saya praktekkan hampir setiap bulan: Fasilitas banking lainnya masih banyak, tapi tidak rutin dan ada yang belum pernah saya gunakan.
1. Transfer ke Rekening tujuan lain:
TRT <rek sendiri 1> <rek lain> <jumlah> <PIN>
Contoh: TRT 1 1 50000 123456
2. Info saldo tabungan
SAL <rek sendiri> PIN
Contoh: SAL 1 123456
3. Bayar tagihan telepon seluler
BYR <rek sendiri><noHP/telp> <PIN>
Contoh: BYR 1 00215245665 123456
4. Bayar tagihan listrik
BYR PLN <rek sendiri> <12 digit no pelanggan> <PIN>
Contoh: BYR PLN 1 547300351523 123456
5. Isi ulang pulsa
ISI <rek sendiri> <noHP><nilai voucher> <PIN>
Contoh ISI 1 08121000745 50000 123456
Berkunjung ke tempat-tempat pusat perbelanjaan, saya juga selalu memaksimalkan kegunaan kartu debit ATM Bank Mandiri ini. Alhasil tak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah besar. Sebab kartu debit ATM Bank Mandiri lancar untuk transaksi belanja.
Terlebih lagi, hampir di semua pusat perbelanjaan besar di Pekanbaru, mesin-masin ATM Bank Mandiri ada di sana. Begitu juga di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), sejumlah pusat keramaian lainnya, selalu ada fasilitas ATM Bank Mandiri.
Fasilitas SMS Banking-nya juga menjadi pilihan utama saya ketika ingin bertransaksi. Transfer-transferan tak perlu harus pergi ke mesin-mesin ATM. Lewat jari-jari lincah tanganku di handpone, proses transaksi sudah bisa dilakukan dengan lancar dalam hitungan detik.
Baru itulah kemudahan dan fasilitas layanan Bank Mandiri yang saya gunakan. Artinya masih banyak kemudahan dan fasilitas lainnya yang belum termanfaatkan oleh saya. Sebab ragam kemudahan dan fasilitasnya jauh lebih banyak dari yang baru saya manfaatkan.
Apa saja ragam kemudahan dan fasilitas itu?, kita bisa baca dan pelajari secara mudah dan detail lewat fasilitas website www.bankmandiri.co.id. Dimanapun dan kapanpun, kita bisa baca dan pelajari secara utuh di website ini.
Berbagai pengetahuan dan informasi baru juga banyak saya temukan lewat website tersebut, mulai dari penjelasan Bank Mandiri secara keseluruhan, dan beberapa program lain, seperti mandiri kta, mandiri kpr, mandiri tabungan, mandiri tabungan rencana, mandiri kartu kredit dan banyak lagi.
![]() |
Logo Bank Mandiri |
Mandiri kpr: berkaitan dengan pembiayaan rumah.
Mandiri tabungan: berkaitan dengan tabungan.
Mandiri tabungan rencana: berkaitan dengan tabungan terencana dengan baik untuk kepentingan jangka panjang.
Mandiri kartu kredit: berkaitan dengan layanan kartu kredit.
Untuk lebih jelas dan detail, kunjungi kembali website ini: www.bankmandiri.co.id
Pokoknya, semua-semua ada di Bank Mandiri. Terpenting saldo di rekening jangan sampai kosong. Jika berisi terus, banyak yang bisa didapatkan. Cukup gesek sana sini, atau pencet sana sini, transaksi langsung berproses dengan lancar.
Jika malas atau tak punya waktu mengunjungi kantor Bank Mandiri terdekat, cukup klik website yang sudah disediakan tadi, akan jelas terbaca di sana berbagai kemudahan dan pelayanan yang bisa didapatkan dari Bank Mandiri. Kalau saya hanya bisa menceritakan sedikit dari pengalaman yang saya alami sendiri. Sebab kemudahan dan fasilitas yang saya manfaatkan, masih belum seberapa.
Dengan berbagai ragam kemudahan dan fasilitas itu, isteri saya pun ikut tertarik dan sekarang sudah ikut membuka rekening di Bank Mandiri. Namun alasan kuat dia membuka rekening berbeda dengan saya.
Jika saya awalnya tertarik dengan fasilitas ATM Setoran Tunai, tapi kalau dia lebih karena adanya Program Umroh dari Mandiri Tabungan Haji & Umroh.
Kami suami isteri memang punya keinginan untuk menunai ibadah umroh satu saat kelak. Jika ada rezeki, kami akan menyertakan kedua orangtua dan mertua saya, yang juga belum pernah menginjakkan kakinya ke tanah suci. Lewat program yang ada di Bank Mandiri, mudah-mudahan keinginan itu bisa terwujud, amin.
Tapi sayang program itu untuk sementara hanya melayani 13 daerah di Indonesia, minus Pekanbaru, masing-masing Jakarta, Bogor, Depok, Bandung, Semarang, Wajo, Sidrap, Pinrang, Pare-Pare, Sulteng, Kaltim, Kalsel dan Makassar.
Kendati demikian, ia tetap membuka rekening di Bank Mandiri dengan tabungan biasa. Sementara untuk Tabungan Haji & Umroh, akan segera menyusul jika program tersebut sudah melayani untuk wilayah Pekanbaru. Sebab ia tetap membidik program Umroh tersebut, karena ada paket diskon 10 persen.
Terlepas dari itu, saya secara pribadi memang merasa nyaman menabung di Bank Mandiri, terlebih lagi kinerja perusahaan yang semakin positif.
Tercatat laba bersih Bank Mandiri hingga semester I-2012, naik 13 persen dari Rp 6,323 triliun menjadi 7,147 triliun.
Melihat kinerja yang makin cingklong ini, tentu perusahaan semakin kreatif dan inovatif dalam pengembangan kedepan. Kita sebagai nasabah tentu pihak yang paling diuntungkan atas kreativitas yang akan muncul.
Untuk itu cocok jika saya menyebutkan SEMUA-SEMUA ADA DI BANK MANDIRI. Sebab kedepan tentu berbagai pengembangan akan terus dilakukan untuk memanjakan para nasabahnya. SEMOGA SAJA TERWUJUD, AMIN. (*)
tulisannya menarik dan enak dibaca
BalasHapusterima kasih pak, atas pujiannya
Hapustulisannya bagus, semoga bermanfaat
BalasHapustidak sebagus abglah, kalu buat tulisan...hehehe
Hapussemoga bank mandiri makin jaya dan tidak ketularan penyakit century
BalasHapussemoga saja buk..
Hapusterus berkarya pak...jangan bosan2 menulis yang sarat informatif
BalasHapusterima kasih supoortnya, halloriau makin ok saja
HapusKayaknya mesti buka lagi nih tabungan di bank Mandiri. Dulu punya rekening di Mandiri, lalu karena keharusan perusahaan berpindah ke bank acb (dibalik). Memang kalo atm setor tunai mandiri mesinnya lebih canggih. Waktu setor di atm setor tunai bank lain, duit teman saya pernah "dimakannya." Pengurusannya ribet dan memakan waktu.
BalasHapusbapak benar...lebih canggih
Hapuspengen jugalah buka tabungan di bank mandiri
BalasHapussilahkan manto...cepat ya
HapusBank Mandiri emank maknyozzzz
BalasHapusbenar sekali bg..
HapusSatu yang tidak di jelaskan kenapa hanya ada 2 ATM Setoran Tunai di Jl. Sudirman dan Jl. Ayani.
BalasHapusbagaimana dengan nasabah yang tinggal di Panam ??? Pastinya tidak bisa menggunakan kemudahan yang di berikan Bank Mandiri.
semoga didengar oleh perusahaan, sehingga wilayah panam dibuat satu ATM Setor Tunai
Hapussaya juga pakek mandiri mas soalnya lengkap banget
BalasHapusmantap klu begitu mas...sama dunk kita
Hapusinformatif...
BalasHapustrims pak...
HapusSemoga Bank Mandiri makin berjaya dan bisa menjadi mitra terpercaya dalam membangun perekonomian di Indonesia
BalasHapusamin...semoga kang
HapusKontes ya kang?
BalasHapusGood luck, semoga sukses. :)
iya kang...amin
HapusSukses ya mas buat artikel nya... saya mau ikutan tapi saya ga punya Akun di Bank Mandiri
BalasHapusikut ajang kang...sepertinya tak ada sarat mengharuskan punya akun di bank mandiri
Hapuskasi masukannya sob "Memilih Bank Menentukan Masa Depan Bersama Bank Mandiri"
BalasHapusMemilih Bank Menentukan Masa Depan Bersama Bank Mandiri
okey...siap meluncur..
Hapussalam kenal kakak, ikutan juga ya... mampir ya di blog saya
BalasHapushttp://dananwahyu.wordpress.com/2012/12/31/last-minute-my-selangor-story-2013/
http://dananwahyu.wordpress.com/2013/01/04/membangun-keluarga-mandiri-bersama-bank-mandiri/
terima kasih undangannya..
Hapuswidihh keren mas mampir juga yha di blog akhuu
BalasHapus]
http://irvanfebry.blogspot.com/2012/12/apapun-keinginan-anda-bank-mandiri-saja.html
baik...siap meluncur
Hapuswuih lengkap.... Bisa kalah nih artikel q
BalasHapusg boleh gitu dunk mas...hehehe
HapusMantap mas bro,,,, Sukses ya....
BalasHapusSekedar informasi untuk sahabat blogger smuanya,
Ikuti kontes Review untuk mendukung penghijauan bumi.
Berhadiah JUTAAN rupiah.
Kontes ini bukan kontes SEO murni jadi dapat diikuti oleh siapapun....
Info Selengkapnya:
www.MitraBibit.com
tks infonya mas bro..
HapusHahaha kayaknya kandidat kuat juara nih, bagi2 hadiahnya om, hehe
BalasHapusbtw, mandiri bisa buat withdrawal dari forex trading juga ya mas?
Arifmuchitoedi@yahoo.co.id
bisa mas..bisa untuk WD juga
Hapuslumayan lah...infonya bermanfaat jugaa..
BalasHapustks pak, jgn lupa buka rekening juga di bank mandiri, untuk mendukung bisnisnya...
Hapustulisan yang menarik dan penuh dengan informasi...goddluck
BalasHapuspenilaian anda benar sekali..hehe
Hapuskomentar yg menarik...saya suka carra kang titik berkomentar
BalasHapusbaik..terima kasih undangannya
BalasHapuskok dihapus komentarnya bro
BalasHapusMaju terus semoga menang dan salam sukse!! (งˆ▽ˆ)ง
BalasHapusMampir juga ke blog saya ya..
http://tijex-music.blogspot.com/2013/01/aku-lebih-mandiri-bersama-bank-mandiri.html
terima kasih supportnya...salam blogger
HapusSemoga berjaya dengan bank mandiri.
BalasHapusmampir balik ke blog saya ya. http://bitly.com/10NsNuS
salam blogger. :)
terima kasih mas andy...
Hapusterima kasih atas semua masukan dari rekan-rekan blogger semua...
BalasHapus