Widget edited by super-bee

Goresan Cah Melayu

Senin, 03 Desember 2012

Masih Ada 170 Liang di Makam Pahlawan Kusuma Dharma Riau

TMP Kusuma Dharma Provinsi Riau

TAMAN Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Dharma, Provinsi Riau memiliki luas lahan sekitar 2 hektare. Dari luas tersebut, dikapling menjadi 12 blok areal. Kemudian masing-masing blok terdiri dari 55 liang.

Hingga kini, baru terisi sekitar delapan blok dengan total liang sekitar 490 makam. Artinya masih ada tersisa sekitar 170 liang.

Komplek pemakaman ini berdiri sejak tahun 1960-an silam dan berdiri megah di pusat kota Jl Sudirman, Pekanbaru. Tak jauh dari pemakaman ini ada beberapa kantor pemerintah, seperti Kantor Kejari Pekanbaru, PTUN Pekanbaru, dan beberapa gedung lainnya.

Ada beberapa nama besar yang dimakamkan di komplek ini, di antaranya Tiga Harimau Melayu yang namanya cukup tersohor pada zamannya. Ia adalah HR Soebrantas (Gubernur Riau periode 1978-1980), Toegimin (Kapolda Riau) dan Letkol Pati Nasarani.

Kemudian ada juga tiga pahlawan wanita. Ia adalah Kurir Logistik yang meninggal akibat ditembak saat sedang mengantarkan logistik pada masa perang. Masing-masing bernama Intan Pilie, Rubiah, dan Latifah Hanum. Ketiganya kurir logistik dari Lasykar Rakyat.

* Data dikutip dari Harian Tribun Pekanbaru

http://www.bankmandiri.co.id/




Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

TERIMA KASIH KOMENTARNYA, SEMOGA BERMANFAAT

Keliling Riau Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger