Widget edited by super-bee

Goresan Cah Melayu

Kamis, 29 November 2012

Sepeda Onthel Soeman HS di Museum Sang Nila Utama Riau

Masyarakat Riau tentu tidak asing dengan nama Soeman HS. Beliau adalah pujangga Melayu Riau yang cukup tersohor di dunia sastra nasional. Bahkan namanya kini diabadikan untuk gedung Perpustakaan Wilayah dan Arsip Provinsi Riau.

Salah satu peninggalan almarhum bisa ditemukan di Museum Sang Nila Utama Provinsi Riau, Jl Sudirman, Pekanbaru. Adalah sepeda onthel bermerk Releigh buatan tahun 1920-an. Barang bernilai sejarah itu ikut menghiasi deretan koleksi lainnya yang berjumlah sekitar 4.427 koleksian.

Konon ceritanya, sepeda yang terletak di lantai dua museum tersebut, digunakan almarhum dalam melakukan berbagai tugas hariannya sebagai guru dan seniman kala itu.

"Sepada itu merupakan titipan dari keluarga almarhum, sebagai kenang-kenangan sejarah," ujar Endrizal, Koordinator Pemandu Museum Sang Nila Utama dalam satu kesempatan.

Menurut sejarahnya, sepeda tersebut juga pernah digunakan almarhum berkeliling Riau Daratan saat penggambar wajah Riau. Saat itu, almarhum tengah menulis roman berjudul "Mencari Pencuri Anak Perawan".

Sepeda Onthel Soeman HS

Gedung Museum Sang Nila Utama Provinsi Riau

 
Karya itu kemudian dinobatkan sebagai masterpiece dari sekian banyak karyanya yang lain.

Diakui, sepeda bernilai sejarah itu termasuk satu daya tarik spesial di antara sekian banyak koleksi yang ada. Biasanya, banyak tokoh nasional yang datang hanya untuk melihat keaslian sepeda tersebut.

"Biasanya setiap ada pejabat pusat yang datang, pertama kali yang dicari adalah sepeda tersebut. Menurut mereka semangat Soeman HS masih terasa tiap kali melihat sepeda itu," cerita Endrizal. (*)

* Tulisan ini dikutip dari harian Tribun Pekanbaru, edisi 29 November 2012


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

TERIMA KASIH KOMENTARNYA, SEMOGA BERMANFAAT

Keliling Riau Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger